Semangat Nasionalisme di Peresmian Rumah Baca ke 14 KKAB

26 Dec 2013

Sumber Foto : kkab.org

Sumber Foto : kkab.org

Selama menjadi aktivis di Komunitas Kami Anak Bangsa (KKAB), saya selalu menyempatkan diri untuk menghadiri peresmian Rumah Baca Indonesia (RBI) yang merupakan program rutin KKAB dan didirikan di setiap daerah di seluruh Indonesia. Sudah ada 13 RBI yang didirikan oleh KKAB. Dan Tanggal 15 Dsember 2013 lalu, didirkan RBI ke 14 di Desa Siraman Wonosari Gunungkidul Jogjakarta. Dengan dukungan donatur dari Hanafi Rais.

Sudah ciri khas KKAB, jika melakukan aksi nyata dalam berkarya untuk bangsa, selalu mengedepankan kebersamaan dan toleransi. Sesuai missinya yang mengusung perbedaan dan keberagaman menjadi suatu anugerah. Seperti peresmian RBI sebelumnya yang pernah dilaksanakan di Pesantren, ashram dan kali ini di Pusdiklat Budhayana, KKAB benar-benar memupuk konsep Bhineka Tunggal Ika yang diaplikasikan secara nyata.

Saya memberikan motivasi kepada anak-anak yang hadir

Saya memberikan motivasi kepada anak-anak yang hadir. Foto : kkab.org

Saya sendiri, sangat mendukung hal ini. Sumbangsih kita terhadap bangsa bisa melalui apa saja, salah satunya dengan mendirikan Rumah Baca yang akan memberikan banyak ilmu tak terbatas. 2000 buku dari berbagai jenis kategori diserahkan KKAB di RBI ke 14 dengan seremonial berupa rangkaian kegiatan edukasi bagi masyarakat setempat khususnya anak-anak di sana.

Mengapa KKAB selalu membuat rangkaian kegiatan seremonial? Hal ini bukan sekadar seremonial, tujuannya untuk lebih memaksimalkan kebersamaan dan bukti interaksi secara nyata sebagai sesama manusia. Kita tak hanya memberi barang tetapi kasih sayang dan kepedulian nyata. Dengan berbagi cerita, motivasi, pengetahuan dan pengakuan. Kebahagiaan itu lahir dari ungkapan dan interaksi saat bertatap muka. Maka apa yang diberikan akan sangat terasa maknanya.

Apa yang disumbangkan KKAB dari Rumah Baca Indonesia ini, adalah sebagian kecil yang telah terealisasi, diharapkan semua lapisan masyarakat dapat ikut berperan serta dalam melakukan sumbangsih pendidikan bagi warga sekitarnya dengan kemampuan yang dimiliki.

Dalam acara ini, saya pun sempat berbincang dengan Wakil Bupati setempat, H Imawan Wahyudi serta Bhiksu Sasana Bodhi. Mereka sangat mengapresiasi apa yang dilakukan KKAB. Kontribusi melalui sumbangan berupa buku akan menumbuhkan minat baca yang akan menghasilkan kecerdasan serta meluaskan wawasan. Semoga aksi nyata KKAB ini dapat berkelanjutan dan menginspirasi semuanya.


TAGS kkab RBI 14


-

Author

Follow Me