Hadirkan Sejuta Senyum Untuk Mereka

1 Aug 2013

Berbagi bersama Dommpet Dhuafa kepada perwakilan dari 1000 Janda

Berbagi bersama Dommpet Dhuafa kepada perwakilan dari 1000 Janda

Kepadatan jalanan ibu kota yang sedang mengular tak menggentarkan saya untuk hadir di acara berbagi bersama Dompet Dhuafa di Grand Indonesia East Mall Main Atrium. Setelah membelah kemacetan, saya bersyukur sampai tujuan sebelum acara dimulai. Dimana saya ikut mengisi acara Talkshow bertema Single Mothers are Super Moms

Bersama Ibu Leila Sari dan Tika Bisono

Bersama Ibu Leila Sari dan Tika Bisono

Disana hadir juga sebagai pembicara bersama saya, Ibu Leila Sari dan Tika Bisono, untuk memberi semangat dan sharing hal bermanfaat kepada puluhan Janda Dhuafa yang hadir disana. Terharu saya melihat beberapa profil Janda yang ditampilkan pada slide, perjuangannya dalam menghidupi anak-anaknya seorang diri dan menghadapi berbagai tantangan hidup dalam keterbatasannya. Tak sedkit yang bekerja dalam profesi yang seharusnya dilakukan kaum adam. Misalnya sebagai tukang ojeg, tukang tambal ban dan lain-lain. Sungguh luar biasa.

Berbagi itu indah

Berbagi itu indah

Saya berpesan kepada para Janda Dhuafa yang hadir, agar tetap semangat walau hidup tanpa pendamping. Menjadi Janda bukanlah sesuatu yang diharapkan dan tak ada yang menginginkan hal ini terjadi. Tetapi semua ini harus benar-benar disikapi dengan tepat. Sikap tegar, dituntut untuk kreatif dan mencari peluang positif yang bisa menghasilkan adalah harus lebih ditekankan dari pada berlarut-larut dalam kesedihan. Selagi mampu untuk bekerja, bekerjalah sesuai kemampuan yang dipunyai.

Saya sangat setuju dengan pendapat Tika Bisono, Psikolog. Bahwa semua orang yang berstatus janda, tidaklah penting dengan menitikberatkan kejandaannya, hidup harus move on, harus bangkit dan jika menjadi janda, jangan terlena menjadi Janda Dhuafa. Hidup bukan semata untuk dikasihani, masih banyak peluang untuk berkarya dan berpenghasilan. Fokus dengan hal lain yang lebih penting, seperti harus menghidupi anak, keluarga dan bermanfaat untuk orang sekitarnya.

Saya berbagi pengalaman. setelah hampir setahun menjadi single mother, saya tak merasa sendiri, sebab disekeliling saya masih ada orangtua, saudara, teman serta team work dalam rumah tangga. Seperti asisten rumah tangga dan sopir. Yang semuanya sangat membantu rutinitas kehidupan saya.

Jadi ciptakan team work yang baik, komunikatif dan solid dimanapun sebaik mungkin agar hidup terasa ringan.

Sayapun salut dengan pengalaman Ibu Leila Sari, di usianya yang ke 78 Tahun, masih dapat berkarya melalui bernyanyi sebagai perolehan penghasilan. Membuktikan bahwa potensi dan peluang bisa digali asal ada kemauan dari diri kita sendiri.

Di akhir acara dilakukan penyerahan donasi 1000 bingkisan dari Dompet Dhuafa kepada perwakilan para Janda yang hadir. Saya bahagia sekali dapat berbagi pengalaman bersama mereka, semoga bermanfaat bagi mereka semua yang hadir.


TAGS Dompet Dhuafa Janda Berbagi kebahagiaan Ramadhan


-

Author

Follow Me