Rumah Baca Indonesia ke 6 Hadir di Bali

12 Apr 2013

Bersama Pelajar, Mahasiswa dan Komunitas di Klungkung

Bersama Pelajar, Mahasiswa dan Komunitas di Klungkung

Tiba di Kabupaten Klungkung, Bali. Aura kedamaian menyelimuti kesejukan disekitar Ashram Puri Gandhi. Sebuah asrama para mahasiswa terpilih di Bali. Didirikan oleh Gus Indra, seorang Pendeta Hindu asal Indonesia tetapi sudah punya reputasi Internasional.

Suasana damai disana, dibalut pula dengan keramahan warga Klungkung yang hadir. Seperti, Pelajar dari SMA I Dawan, SMA I Klungkung, SMA 2 Klungkung (Selat) dan SMK 5 Denpasar. Lalu ada Mahasiswa Universitas Hndu, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar (IHDN), Universitas Udayana. Hadir juga disana beberapa komunitas, HMI, BMII dan Dewan Pers Raman.

Saya dan Komunitas Kami Anak Bangsa (KKAB) berada disana, untuk meresmikan Rumah Baca Indonesia yang ke 6. KKAB adalah sekumpulan generasi bangsa Indonesia yang mengusung persatuan dalam menghargai perbedaan. Dan mengacu kepada azas Bhineka Tunggal Ika. Berdiri Pada April 2011. Yang mempunyai berbagai program pelayanan masyarakat, tanggap bencana, kesejahteraan dan Pendidikan.

Program KKAB yang telah berjalan adalah peluncuran Rumah Baca Indonesia (RBI) yang telah berjalan sejak Tahun 2012.

Rumah Baca ke I berdiri di Tulang Bawang Lampung pada Tanggal 22 September 2012. Semua buku dibawa sendiri oleh tim KKAB melalui jalan darat dari Jakarta.

RBI ke 2 yang didirikan di Sanggau, Kalimantan Barat. Didirikan di Dusun Entakai 2.

RBI ke 3 di RBI 3 di kupang, NTT, berlokasi di Roslin Orphanage, Kupang-NTT, didirikan 25 Oktober 2012. Tim KKAB untuk RBI 3 dikupang juga menyampaikan donasi dari para saudara KKAB beberrapa pakaian layak dan perlengkapan bayi dan balita.

RBI ke 4 di Minahasa tenggar, sulawesi Utara, didirikan 2 Desember 2012, berlokasi di tonsawang, Kec.Tombatu , Minahasa tenggara, Sulawesi Utara

RBI ke 5 di Cijulang. Ciamis Jawa Barat yang didirikan di Pondok Pesantren Kalangsari.

Dan Tanggal 6 April 2013 kemarin, adalah peluncuran RBI ke 6 di Ashram Gandhi Puri. Klungkung. Bali. Rumah Baca yang telah dildirikan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Ini adalah upaya untuk mencerdaskan bangsa. Agar para pelajar serta masyarakat dapat berwawasan luas melalui buku-buku yang menjadi jendela dunia.

Dibuka dengan sambutan dari Gus Indra, pendiri Ashram Gandhi Puri lalu Sekda Klungkung dan Ibu Arifa dari perwakilan KKAB. Dan peresmian Rumah Baca ke 6 pun dilakukan oleh Sekda Klungkung.

Acara disana benar-benar terkoordinir dengan baik.Diadakan di ruang terbuka tengah taman yang asri. Walau acara sempat terpotong oleh hujan yang tiba-tiba turun. Namun panitia dengan sigap mengalihkan tempat ke paviliun tempat makan. Tapi tak mengurangi kemeriahan. Karena kami disuguhi hiburan berupa tarian-tarian yang dibawakan oleh para mahasiswa yang ada disana.

Saya sangat terpukau dengan gemulainya gerakan dari Puji Widiani, yang membawakan Tari India Mangala Caran. Puji adalah mahasiswa IHDN yang tinggal di Ashram Puri Gandhi. Gung Dewi dan Gede Esha menari Tari Oleg. Tarian Bali yang dinamis dan indah. Tari Api yang dibawakan oleh Adi Saputra terlihat begitu eksotis. Diiringi perpaduan musik modern dan tradisional Bali, begitu indah. Api yang dimainkan seolah mempunyai nyawa mengikuti alunan musik.

Setelah itu, saya memberi motivasi kepada para pelajar, mahasiswa dan komunitas yang hadir. Sekaligus berdiskusi dengan semua undangan. Saya memberikan gambaran bagi yang hadir disana, bahwa dengan membaca, sudut pandang akan terbentang luas. Tak kemana-manapun kita akan tahu segalanya hanya dngan rajin membaca buku-buku.

Selain rajin membaca, siapapun pastinya harus menanamkan sikap disiplin dan kemauan untuk belajar dengan baik. Karena dengan ilmu yang dipunya, akan menjadi bekal sampai kapanpun. Dengan ilmu bermanfaat akan membawa pada kehidupan yang lebih baik dan terhindar dari kemiskinan. Jika kemiskinan dapat dicegah, kriminalitas juga akan terhindari.

Inilah Rumah Baca Indonesia ke 6 di Ashram Gandhi Puri

Inilah Rumah Baca Indonesia ke 6 di Ashram Gandhi Puri

Peresmian Rumah Baca Indonesia ke 6 Oleh Sekda Klungkung, Jana Pria

Peresmian Rumah Baca Indonesia ke 6 Oleh Sekda Klungkung, Jana Pria

Acara peresmian Rumah Baca ke 6 ini ditutup dengan foto bersama dan makan malam.

Mudah-mudahan kehadiran RBI 6 ini akan selalu memotivasi warga Klungkung untuk menajamkan wawasannya yang akan menjadi bekalnya untuk menggapai cita-cita.


TAGS


-

Author

Follow Me