Jakarta Butuh Transportasi Aman dan Nyaman

27 Feb 2013

Penggunaan sarana transportasi umum di perkotaan sangat banyak dibutuhkan. Mengingat masyarakat yang memakai sarana ini sudah menganggapnya sebagai kebutuhan primer untuk mencapai tujuan aktivitasnya. Lebih dari 50% perjalanan yang dilakukan oleh warga Jakarta menggunakan transportasi umum.

Tak hanya masyarakat kelas menengah ke bawah saja yang membutuhkan sarana transportasi umum, masyarakat yang rata-rata mempunyai kendaraan pribadi pun banyak yang lebih memilih transportasi umum sebagai alternatif mengurangi kemacetan, polusi dan pengiritan bahan bakar.

Namun, apakah transportasi umum keamanannya telah terjamin dan telah memenuhi standar kenyamanan setiap penggunanya? Pertanyaan ini menjadi penting di saat kota Jakarta memerlukan pengurangan penggunaan kendaraan pribadi dan alternative angkutan untuk bepergian.

Menurut data dari Humas Polda Metro Jaya, sepanjang Tahun 2011 tercatat 68 kasus dan sepanjang Tahun 2012 tercatat 31 kasus kriminalitas dalam angkutan kota, 16 kasus di antaranya menimpa korban wanita. Tindak kriminal tersebut beragam, mulai dari pemerasan, pelecehan seksual terhadap wanita dan perlakuan tidak menyenangkan lainnya.

Sampai saat ini, masih saja marak kejahatan yang terjadi dalam angkutan umum. Walau telah di berlakukan peraturan bagi pengemudi sarana angkutan umum agar mempunyai tanda pengenal berupa identitas diri dari instansi penyedia angkutan tersebut. Banyaknya sopir tembak membuat pelaku kejahatan sulit ditemukan. Apalagi pengawasan yang sangat kurang mengenai persoalan ini.

Yang saya baca dan tonton dari berita, pelaku kejahatan menyasar tak hanya pada perempuan. Kepada laki-laki dewasa pun kerap terjadi pemerasan yang berujung pada ancaman dengan senjata tajam. Ada kejadian seorang bapak yang saking takutnya ketika perampok beraksi di dalam angkutan umum, sampai meloncat dari angkutan yang sedang melaju dalam kecepatan tinggi. Akhirnya bapak tersebut meninggal dengan kepala pecah karena membentur jalan aspal.

Banyak pula pelecehan seksual dan ada yang berujung maut pada perempuan. Bagi perempuan yang memang bekerja shift malam dan pulang larut malam karena bekerja. Tak patut di salahkan karena memang kebutuhan dan kondisi yang menuntut demikian. Yang patut diperhatikan adalah tingkat keamanan pada angkutan umum itu. Para pengemudi, organisasi pengelola angkutan umum serta pihak berwajib harus bisa kerjasama dan koordinasi dalam upaya meningkatkan keamanan di angkutan umum.

Begitupula dengan masyarakat, harus sama-sama ambil peran dalam kesadaran untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan di dalam angkutan umum. Agar masyarakat bisa sama-sama tenang dalam melakukan aktivitasnya walau dengan bantuan angkutan umum.

Tahapan langkah pemerintah seperti pemisahan penumpang di busway, pemberlakuan kartu pengenal pengemudi angkutan umum merupakan sebuah langkah yang bertahap. Tetapi tak cukup hanya itu, harus di tambahkan dengan prosedur yang mengikat tentang pengelolaan angkutan umum agar terkoordinasi dibanding dengan pengelolaan oleh perorangan. Untuk itu, pengelolaan transportasi umum di Jakarta yang di kelola oleh satu badan, menjadi penting dan diharapkan segala tindakan kejahatan serta pelecehan seksual di dalam angkutan umum bisa terdeteksi jejaknya.

Patroli dari pihak kepolisian pun semestinya dilakukan rutin terutama pada malam hari. Pemerintah harus bisa melakukan pengawasan berkala terhadap hal ini. Intinya semua pihak harus bersinergi dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan dalam angkutan umum. Khususnya di Jakarta.

Solusi yang dapat segera di lakukan adalah :

  1. Koordinasi pengelola angkutan umum di Jakarta lebih ditertibkan lagi
  2. Kartu pengenal pengemudi yang terverifikasi
  3. Patroli pihak kepolisian yang rutin dilaksanakan, terutama pada malam hari.
  4. Razia berkala kepada seluruh angkutan umum yang beroperasi di Jakarta.
  5. Pemberian sanksi yang jelas aturannya bagi yang melakukan pelanggaran serta kriminalitas.
  6. Kesadaran warga yang mau bekerjasama dalam menciptakan keamanan dalam angkutan umum.

Mari kita ciptakan Jakarta yang lebih manusiawi dalam segala aspek termasuk dalam tata kelola angkutan umum yang lebih aman dan nyaman.


TAGS


-

Author

Follow Me