Perlindungan Hak Anak dalam Segala Aspek

20 Feb 2013

Anak-anak adalah merupakan tumpuan harapan bangsa di masa yang akan datang, anak diberi perbekalan ilmu dan bimbingan bagi hidupnya sampai kelak di masa depan.

Dalam segala aspek patut diberi perhatian, jangan mentang-mentang masih anak-anak lantas para orangtua dan orang dewasa menjadi semena-mena dalam memperlakukan anak.

Dalam pertemuan kemarin 19 Februari 2013 dengan pemprov, komnas anak, DPRD dan dinas-dinas terkait. Seperti pendidikan, sosial, kesehatan dan tenaga kerja, membahas segala aspek tentang hak anak. Harus ada langkah konkret untuk meminimalisir pelanggaran hak anak dimanapun.

Maraknya kejahatan seksual pada anak akhir-akhir ini, membuat penanganan ekstra terhadap korban harus ditingkatkan. Selain pemulihan jiwa pada anak yang menjadi korban. Juga pihak rumahsakit bisa memberikan pelayanan visum gratis.

Untuk dinas sosial, diharapkan juga memberikan perlindungan bagi anak yang menjadi korban berbagai jenis kehajatan. Atau memberikan perlindungan kepada anak yang sedang berhadapan dengan proses hukum.

Solusi untuk memulai langkah konkrit dalam hal ini bisa dilakukan dengan sosialisasi dan asistensi oleh kader-kader lingkugan yang terhubung dengan program-program pemprov. Agar masyarakat dapat melibatkan dirinya secara mudah dan terarah. Dengan demikian, seluruh lapisan masyarakat akan mempunyai wadah dan merasa ikut serta dalam tanggung jawab melindungi anak-anak.

Maka pembentukan kader-kader di setiap lingkungan yang konsisten dan kompeten dalam mendukung upaya perlindungan anak dalam segala aspek, adalah penting.

Untuk ke depan, setiap aparat daerah yang mampu meminimalisir kejahatan pada anak patut di beri apresasi birokrasi.

Namun bagaimanapun, perlindungan hak anak adalah merupakan tanggungjawab kita bersama.


TAGS


-

Author

Follow Me