Anak Jalanan

24 Dec 2008

Salah satu fenomena sosial di perkotaan yang belakangan ini semakin nyata, adalah masalah Anak-anak Jalanan.

Dari pengalaman penelitian tentang Anak Jalanan di Jakarta, memperlihatkan mereka perlu mendapat perhatian yang sangat serius. Hakekatnya persoalan mereka bukanlah kemiskinan belaka, melainkan juga eksploitasi, manipulasi, ketidak-konsistenan terhadap cara-cara pertolongan baik oleh mereka sendiri maupun pihak lain yang menaruh perhatian terhadap Anak Jalan.

Anak Jalanan belakangan ini menjadi suatu fenomena sosial yang sangat penting dalam kehidupan kota besar. Kehadiran mereka seringkali dianggap sebagai cermin kemiskinan kota, atau suatu kegagalan adaptasi kelompok orang tersebut terhadap kehidupan dinamis kota besar. Pemahaman tentang karakteristik kehidupan mereka, seperti apa kegiatan dan aspirasi yang mereka miliki, keterkaitan hubungan dengan pihak dan orang -orang yang ada di sekitar lingkungan hidup mereka, memungkinkan kita menempatkan mereka secara lebih arif bijaksana dalam konteks permasalahan kehidupan kota besar.

Problema Anak Jalanan ini menjadi salah satu prioritas saya apabila terpilih menjadi Anggota Legislatif DPRD DKI, perda perda yang melindungi hak-hak mereka sebagai warga negara dan warga DKI yang berhak mendapatkan perlindungan sesuai tertera di Undang Undang Dasar RI yang menjamin dipeliharanya anak-anak terlantar oleh Negara harus benar-benar diimplementasikan di DKI Jakarta.

Pada kesempatan ini, saya mengajak teman teman sekalian untuk memberikan masukan di topik diskusi ini, agar bersama kita dapat memecahkan persoalan ini, dan menjadikan negeri ini negeri yang bermartabat dan berperikemanusiaan


TAGS


-

Author

Follow Me